Pengalaman Tune Up Motor Bermesin 4 tak

Di kalangan anak muda ternyata banyak yang kurang puas pula dengan performa bawaan pabrik, oleh karenanya untuk meningkatkan tenaga mesin 4 tak bisa dilakukan modifikasi di sektor mesin ( korek harian ), apalagi di jaman sekarang ini sudah banyak suku cadang dengan kualitas superior untuk mendukung modifikasi motor sehingga bahkan bisa menambah tenaga tidak terbatasi 20 % saja, melainkan bisa menggapai 50 % tenaga extra dari bawaan standardnya dan masih aman dipakai harian! Menakjubkan.

Intinya, korekan modifikasi motor harus dilakukan dengan benar dalam konsep di atas teori terlebih dahulu, background teori yang dipakai ada, perangkat lunak perhitungan simulasi mesin di komputer sudah banyak tersedia, pemilihan part yang tepat guna, serta pengerjaan dengan ketelitian tinggi akan membawa hasil yang optimal.

Pada modifikasi motor Mesin utama korek mesin 4 tak terdapat di head silinder, cylinder head, kop, dexel, atau apa lah kita menamakannya, yang pasti graham bell mengambil kesimpulan dari risetnya bahwa “Takkan ada satupun mesin 4 tak dapat mengeluarkan tenaga dengan baik apabila ia tidak memiliki kemampuan untuk mengalirkan udara dengan baik pula”. Inilah yang namanya efisiensi volumetrik. Apakah improvement efisiensi volumetrik hanya dengan dicapai dengan melakukan port-polished? Tentu tidak. Banyak cara lain, riset membuktikan bahwa mengeluarkan filter udara karburator itu saja sudah menambah debit aliran udara yang masuk dan tenaga di rpm sedang – atas terjadi penambahan. Namun ada salah satu cara mudah dan pasti yaitu : Meningkatkan rasio kompresi.

Untuk modifikasi motor Dukungan Mesin modern biasanya dibuat dengan desain yang lebih baik, dengan bahan lebih bagus dan daya tahan tinggi, sehingga saat ini dapat dipacu dengan perbandingan kompresi hingga 13 : 1 tentu pemilihan bahan bakar harus lebih baik, seperti Pertamax, atau pertamax plus, toh kini sudah banyak SPBU Shell, yang kualitas bahan-bakarnya memiliki oktan lebih tinggi dari Pertamax Plus. penggunaan bahan piston dan connecting rod dituntut untuk harus lebih baik demi ketahanan mesin. Kalau mekaniknya hebat pencapaian kompresi itu tak harus banyak main papas / bubut, salah-salah jika terlalu percaya pada tukang bubut yang kita belum tahu kapasitasnya, melenceng sedikit saja justru kebocoran kompresi dapat terjadi. Bukankah mengeluarkan paking blok silinder itu juga sudah sama dengan memapas 0.5 milimeter.

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply